SEJARAH SINGKAT PERUSAHAAN
( BRIEF CORPORATE HISTORY)
1974 – Perusahaan Pertama kali didirikan dan berkantor di Jalan Raya Singaraja, Gilimanuk yang berkedudukan di Buleleng, Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerogak, Bali, berdasarkan SK Menteri Keuangan tertanggal 25 Juni 1974 No. S.Ket.-287/DJM/III.3/6/1974 dengan nama P.T. BANK DESA SANGGALANGIT.
1986 – Diakuisisi dan dipindahkan ke Bandar Lampung, Provinsi Lampung, yang beralamat di JalanPasarDuaNo.194-195, berdasarkan SK Menteri Keuangan tertanggal 20 Maret 1986 No. S-115/MK/11/1986 dengan nama tetap PT BANK DESA SANGGALANGIT.
2002 – Kemudian pada tahun 2002, terdapat penyesuaian nama sesuai kegiatan usaha Bank yaitu Bank Perkreditan Rakyat, menjadi PT BPR DESA SANGGALANGIT, berdasarkan Akta Notaris Djoni, SH di Bandar Lampung tertanggal 25 Juni 2001 No. 21, yang telah disetujui oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tanggal 9 Juli 2002 dalam suratnya Nomor C-12496 HT.01.04.TH. 2002.
2011 – Perusahaan diakuisi oleh Pemilik yang baru, yaitu Tuan TONY AMIN, Tuan WENDY ARYA PRATAMA, dan Nyonya BETTY ASWAN pada tanggal 11 November 2011. 2012 – Terjadi perubahan nama pada Bank menjadi PT BPR SWADAYA ANUGERAH UTAMA, yang telah mendapatkan persetujuan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung tertanggal 21 Desember 2012 Nomor 14/3/KEP.KPw/Bdl/2012 juncto akta Notaris Djoni, SH Nomor 60 tanggal 27 Agustus 2012 juncto Surat Persetujuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tanggal 22-10-2012 Nomor AHU-54284.AH.01.02.TH. 2012 juncto Berita Negara No. 61082 Tahun 2013 dan Tambahan Berita Negara Tgl. 31-05-2013 Nomor 44.
Visi :
1. Menjadi Bank Perekonomian Rakyat yang memiliki wawasan pada hal- hal yang inovatif, inspiratif, dan aspiratif.
2. Menjadi BPR yang sehat dan menguntungkan dengan menerapkan tata kelola BPR yang benar serta dapat dipertanggungjawabkan kepada seluruh pemegang saham/ regulator/ stake holder/ masyarakat/ karyawan.
3. Menjadi BPR yang memberikan nilai tambah bagi nasabah yang dilayani.
Misi :
1. Menjalin hubungan relasi yang terbaik dan saling menguntungkan (mutual) dengan para nasabah dan masyarakat, melalui funding dan lending yang pro-aktif.
2. Membentuk SDM yang berkualitas dan berintegritas, dapat diandalkan dalam rangka menciptakan kinerja keuangan BPR yang berkualitas, serta membentuk struktur organisasi BPR yang tepat untuk tercapainya visi BPR secara konsisten dan berkelanjutan.
3. Bersinergi untuk menghasilkan kinerja keuangan yang bertumbuh, laba yang baik serta kegiatan operasional BPR taat regulasi.
4. Menyediakan solusi keuangan bagi Nasabah yang dilayani.